A KISI-KISI SOAL
Kisi-kisi
Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)
1. Bahasa
Indonesia SD/Mi
No
|
Standar
Kopetensi Lulusan
|
Kemampuan yang
Diukur
|
Indikator
|
1
|
Membaca
sebagai teks non sastra berupa teks sederhana, laporan, dan rubrik khusus,
serta berbagai karya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak-anak, dan
drama anak-anak
|
Menentukan isi
tersurat atau tersurat dari rubrik yang dibaca
|
Disajikan
cuplikan rubric khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi atau
pesannya
|
Memahami
unsure intrinsik puisi
|
Disajikan
puisi anak-anak, siwa dapat menemukan:
|
||
-
Amanatnya
|
|||
- Makna salah satu kata dalam puisi
|
|||
Menentukan
unsure intrinsik drama anak-anak
|
Disajikan
cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan amanatnya.
|
||
Menentukan
unsur intrinsik dan makna kalimat cerita anak-anak
|
Disajikan
cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan.
|
||
-
Menentukan temanya
|
|||
-
Menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita.
|
B. SOAL PILIHAN GANDA (OBJEKTIF)
Bacalah wacana berikut dengan seksama!
Bendungan
di Desa Ponorogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut
dari bantalan karet berisi air. Sehingga tinggi permukaannya bisa diatur secara
fleksibel. Bahkan bila terjadi banjir, bantalan karet itu bisa dikempiskan. Dan
air bah dengan lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai
mengecil, tubuh bendungan dapat diisi penuh hingga mencapai 4 m. air dari
bendungan itu dapat dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat
bersamaan, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang
menjadi sumber utama air tawar masyarakat disekitar aliran sungai…. (dikutip
dari Jawa Post)
1. Simpulan
isi wacana di atas adalah….
a. Bendungan
bantalan karet diisi dengan air laut
b. Pemanfaatan
air melalui bantalan karet yang dikempiskan
c. Bendungan
dari bantalan karet sangat bermanfaat
d. Bendungan
dari bantalan karet dapat membendung sungai
e. Bendungan
dari bantalan karet dapat mengalirkan air laut ke sungai
Cermati
puisi anak dibawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 2 dan 3!
Kupu-kupu
Di
tamanku ada seekor kupu-kupu yang cantik
Selalu
terbang dengan lucu dan menawan
Aneka
warna sayapmu
Indah
dipandang selalu
Namun,
orang suka usil padamu
Kau
selalu diburu-buru dan dikejar-kejar
Sayapmu
yang indah dicabuti
Badannmu
yang mungil diteliti
Wahai
kawanku
Jangan
tangkap kupu-kupu
Lestarikan
hewan itu
Untuk
menambah keindahan kebunmu
2. Pesan
atau amanat yang terkandung dalam puisi berjudul “Kupu-kupu” diatas adalah….
a. Kita
harus memelihara kupu-kupu dikebun
b. Ajakan
agar kita bisa melestarikan dan menjaga alam dan lingkungannya supaya tetap
indah
c. Kupu-kupu
hewan yang mungil dan menawan
d. Kita
harus mengajak orang untuk memelihara kupu-kupu
e. Kupu-kupu
tidak boleh ditangkap sebarangan
3. Makna kata usil
dalam puisi “Kupu-kupu” diatas adalah….
a. Suka
menangis
b. Selalu
terbang dengan lucu dan menawan
c. Seekor
kupu-kupu yang cantik
d. Suka
merusak dan menggangu
e. Suka
memelihara kupu-kupu yang tinggal dikebun
Bacalah
penggalan teks drama berikut dengan seksama
Berta : “Ayo Ani kita berangkat sekarang! Jangan
sampai kita terlambat lagi seperti minggu lalu”. (sambil menatap Ani)
Ani : “Iya aku juga tidak enak dengan
teman-teman jika telambat lagi”. (sedikit tergesa-gesa berjalan)
Berta : “Bailah jangan kecewakan teman-teman lagi,
kali ini kita harus datang tepat waktu. Ayo kita segera ke rumah Margaret.
4. Amanat
yang terkandung dalam kutipan drama diatas adalah….
a. Sayangilah
teman-temanmu
b. Jangan
suka mengganggu orang lain
c. Disiplin
waktu sangatlah penting dan berguna
d. Waktu
adalah uang
e. Jangan
kecewakan orang lain
Bacalah
cerita anak berikut ini dengan seksama untuk menjawap pertanyaan nomor 5 dan 6.
Si Kancil dan Siput
Pada suatu hari si kancil baru saja
bangun tidur, matanya masih terasa berat sekali untuk bangun. Karena cuaca
sangat cerah ia memutuskan untuk berjalan-jalan. Di sepanjang perjalanan ia
beteriak-teriak dengan sombongnya “Wahai penduduk hutan aku lah hewan yang
paling pintar dan cerdik”. Akirnya si Kancil bertemu dengan si siput, “kenapa
kamu berteriak-teriak, apakah kamu sedang gembira?” Tanya si Siput. “tidak aku
hanya memberitahukan bahwa aku hewan paling pintar dan cerdik”, jawab si Kancil
dengan sombongnya. “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput. “kalau
kau tidak percaya bagaimana kalau kita sekarang lomba lari?”, ledek si Kancil
membuktikan. “Baiklah aku terima tantanganmu”, akirnya mereka berdua
bersiap-siap untuk perlombaan lari. Si siput mengerah sekuat tenaga untuk
sampai di garis finis sementara si Kancil berjalan dengan santainya sambil
menertawakan si siput. Tanpa di sadari si Kancil ternyata si Siput telah
mencapai garis finis. Bertapa terkejutnya si kancil. “aku menang Kancil”,
teriak si siput. Dengan menunnduk si kancil menghampiri si siput dan menerima
kekalahannya. “maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si Kancil.
5. Tema
yang diangkat dalam cerita anak diatas adalah….
a. Kesombongan
si Kancil dan kecerdikan si Siput
b. Kita
tidak boleh sombong
c. Kecerdikan
si Kancil yang menyesatkan
d. Si
siput yang tidak percaya pada kelebihan si Kancil
e. Persahabatan
dua hewan yang tinggal di hutan
6.
“sombong
sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput.
Maksud dari kalimat tersebut adalah….
a. Si
Siput sangat percaya dengan ucapan si Kancil
b. Si
Kancil anak yang baik dan tidak sombong
c. Si
Siput mengganggap bahwa si Kancil sangat sombong dan perkataannya tidak dapat
di percaya
d. Si
Siput sombong sehingga dia tidak percaya pada si kancil
e. Si
Siput dan Si Kancil adalah hewan yang sombong dan tidak dapat di percaya
C. SOAL URAIAN (ESAY)
Bacalah
wacana berikut dengan seksama!
Bendungan
di Desa Ponorogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut
dari bantalan karet berisi air. Sehingga tinggi permukaannya bisa diatur secara
fleksibel. Bahkan bila terjadi banjir, bantalan karet itu bisa dikempiskan. Dan
air bah dengan lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai
mengecil, tubuh bendungan dapat diisi penuh hingga mencapai 4 m. air dari
bendungan itu dapat dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat
bersamaan, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang
menjadi sumber utama air tawar masyarakat disekitar aliran sungai…. (dikutip
dari Jawa Post)
1. Jelaskan
secara singkat kesimpulan dari isi wacana diatas !
Di sajikan puisi anak
dibawah ini !
Kupu-kupu
Di
tamanku ada seekor kupu-kupu yang cantik
Selalu
terbang dengan lucu dan menawan
Aneka
warna sayapmu
Indah
dipandang selalu
Namun,
orang suka usil padamu
Kau
selalu diburu-buru dan dikejar-kejar
Sayapmu
yang indah dicabuti
Badannmu
yang mungil diteliti
Wahai
kawanku
Jangan
tangkap kupu-kupu
Lestarikan
hewan itu
Untuk
menambah keindahan kebunmu
2. Apa
amanat yang terkandung dalam puisi “Kupu-Kupu” diatas?
3. Jelaskan
makna kata Usil dalam puisi
“Kupu-kupu” diatas?
Bacalah
penggalan teks drama berikut dengan seksama!
Berta : “Ayo Ani kita berangkat sekarang! Jangan
sampai kita terlambat lagi seperti minggu lalu”. (sambil menatap Ani)
Ani : “Iya aku juga tidak enak dengan
teman-teman jika telambat lagi”. (sedikit tergesa-gesa berjalan)
Berta : “Bailah jangan kecewakan teman-teman lagi,
kali ini kita harus datang tepat waktu. Ayo kita segera ke rumah Margaret.
4. Apa
amanat yang terkandung dalam penggalan teks drama diatas?
Bacalah
cerita anak berikut ini dengan seksama!.
Si Kancil dan Siput
Pada suatu hari si kancil baru saja
bangun tidur, matanya masih terasa berat sekali untuk bangun. Karena cuaca
sangat cerah ia memutuskan untuk berjalan-jalan. Di sepanjang perjalanan ia
beteriak-teriak dengan sombongnya “Wahai penduduk hutan aku lah hewan yang
paling pintar dan cerdik”. Akirnya si Kancil bertemu dengan si siput, “kenapa
kamu berteriak-teriak, apakah kamu sedang gembira?” Tanya si Siput. “tidak aku
hanya memberitahukan bahwa aku hewan paling pintar dan cerdik”, jawab si Kancil
dengan sombongnya. “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput.
“kalau kau tidak percaya bagaimana kalau kita sekarang lomba lari?”, ledek si
Kancil membuktikan. “Baiklah aku terima tantanganmu”, akirnya mereka berdua
bersiap-siap untuk perlombaan lari. Si siput mengerahkan sekuat tenaga untuk
sampai di garis finis sementara si Kancil berjalan dengan santainya sambil
menertawakan si siput. Tanpa di sadari si Kancil ternyata si Siput telah
mencapai garis finis. Bertapa terkejutnya si kancil. “aku menang Kancil”,
teriak si siput. Dengan menunnduk si kancil menghampiri si siput dan menerima
kekalahannya. “maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si Kancil.
5. Jelaskan
secara singkat tema yang diangkat dalam
cerita anak “si Kancil dan si Siput diatas!
6. Jelaskan maksud dari kalimat “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”,
kata si Siput. Dalam cerita anak “si Kancil dan si Siput”!
D. KUNCI JAWABAN
a. Soal
pilihan ganda (objektif)
1. C. Bendungan dari
bantalan karet sangat bermanfaat
2. B. Ajakan agar
kita bisa melestarikan dan menjaga alam dan lingkungannya supaya tetap indah
3. D. Suka merusak
dan menggangu
4. E. Jangan
kecewakan orang lain
5. A. Kesombongan si
Kancil dan kecerdikan si Siput
6. C. Si Siput
mengganggap bahwa si Kancil sangat sombong dan
perkataannya tidak dapat di percaya
b.
Soal uraian (esay)
1.
Simpulan dari isi wacana diatas yaitu
bendungan yang terbuat dari bantalan karet yang sangat bermanfaat.
2. Amanat yang terkadung dalam puisi
“Kupu-Kupu” diatas adalah ajakan agar kita bisa melestarikan dan menjaga alam
dan lingkungannya supaya tetap indah.
3. Makna kata Usil dalam puisi “Kupu-Kupu” diatas adalah seseorang yang memiliki
sifat suka merusak dan mengganggu.
4. Amanat yang terkandung dalam penggalan
drama diatas yaitu kita tidak boleh mengecewakan orang lain dan kita harus bisa
menepati janji yang telah kita buat.
5. Cerita anak “si Kancil dan si Siput”
diatas mengangkat tema kesombongan si Kancil dan kecerdikan si Siput. Dimana si
Kancil menyombongkan kelebihan yang dimilikinya kepada semua penghuni hutan dan
akirnya kesombongan si Kancil dapat di patahkan berkat kecerdikan si Siput.
6. Maksud
dari kalimat “sombong sekali kamu, aku
tidak percaya”, kata si Siput. Adalah dimana si Siput menganggap bahwa si
Kancil sangat sombong dengan kelebihan yang dimilikinya dan semua perkataannya
si Kancil itu tidak dapat dipercaya.
E. PENDEKATAN BAHASA YANG DIGUNAKAN
a. Soal
pilihan ganda (objektif)
1.
Soal nomor satu menggunakan pendekatan
pragmatik
2.
Soal nomor dua menggunakan pendekatan pragmatik
3.
Soal nomor tiga menggunakan pendekatan
diskret
4.
Soal nomor empat menggunakan pendekatan
komunikatif
5.
Soal nomor lima menggunakan pendekatan
komunikatif
6.
Soal nomor enam menggunakan pendekatan
integratif
b.
Soal uraian (esay)
1.
Soal nomor satu menggunakan pendekatan
pragmatik
2.
Soal nomor dua menggunakan pendekatan
pragmatik
3.
Soal nomor tiga menggunakan pendekatan
diskret
4.
Soal nomor empat menggunakan pendekatan
komunikatif
5.
Soal nomor lima menggunakan pendekatan
komunikatif
6.
Soal nomor enam menggunakan pendekatan
integratif
21.11 |
Category: |
0
komentar
Comments (0)