A      KISI-KISI SOAL
Kisi-kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)
1.     Bahasa Indonesia SD/Mi
No
Standar Kopetensi Lulusan
Kemampuan yang Diukur
Indikator
1
Membaca sebagai teks non sastra berupa teks sederhana, laporan, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak-anak, dan drama anak-anak
Menentukan isi tersurat atau tersurat dari rubrik yang dibaca
Disajikan cuplikan rubric khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi atau pesannya
Memahami unsure intrinsik puisi
Disajikan puisi anak-anak, siwa dapat menemukan:
-         Amanatnya
-     Makna salah satu kata dalam puisi
Menentukan unsure intrinsik drama anak-anak
Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan amanatnya.

Menentukan unsur intrinsik dan makna kalimat cerita anak-anak
Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan.
-         Menentukan temanya
-         Menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita.


   B. SOAL PILIHAN GANDA (OBJEKTIF)
  Bacalah wacana berikut dengan seksama!
Bendungan di Desa Ponorogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Sehingga tinggi permukaannya bisa diatur secara fleksibel. Bahkan bila terjadi banjir, bantalan karet itu bisa dikempiskan. Dan air bah dengan lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai mengecil, tubuh bendungan dapat diisi penuh hingga mencapai 4 m. air dari bendungan itu dapat dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat bersamaan, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat disekitar aliran sungai…. (dikutip dari Jawa Post)

1.     Simpulan isi wacana di atas adalah….
a.     Bendungan bantalan karet diisi dengan air laut
b.     Pemanfaatan air melalui bantalan karet yang dikempiskan
c.      Bendungan dari bantalan karet sangat bermanfaat
d.     Bendungan dari bantalan karet dapat membendung sungai
e.      Bendungan dari bantalan karet dapat mengalirkan air laut ke sungai

Cermati puisi anak dibawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 2 dan 3!
Kupu-kupu
Di tamanku ada seekor kupu-kupu yang cantik
Selalu terbang dengan lucu dan menawan
Aneka warna sayapmu
Indah dipandang selalu
Namun, orang suka usil padamu
Kau selalu diburu-buru dan dikejar-kejar
Sayapmu yang indah dicabuti
Badannmu yang mungil diteliti
Wahai kawanku
Jangan tangkap kupu-kupu
Lestarikan hewan itu
Untuk menambah keindahan kebunmu

2.     Pesan atau amanat yang terkandung dalam puisi berjudul “Kupu-kupu” diatas adalah….
a.     Kita harus memelihara kupu-kupu dikebun
b. Ajakan agar kita bisa melestarikan dan menjaga alam dan lingkungannya supaya tetap indah
c.      Kupu-kupu hewan yang mungil dan menawan
d.     Kita harus mengajak orang untuk memelihara kupu-kupu
e.      Kupu-kupu tidak boleh ditangkap sebarangan

3.      Makna kata usil dalam puisi “Kupu-kupu” diatas adalah….
a.     Suka menangis
b.     Selalu terbang dengan lucu dan menawan
c.      Seekor kupu-kupu yang cantik
d.     Suka merusak dan menggangu
e.      Suka memelihara kupu-kupu yang tinggal dikebun

Bacalah penggalan teks drama berikut dengan seksama
Berta : “Ayo Ani kita berangkat sekarang! Jangan sampai kita terlambat lagi seperti minggu lalu”. (sambil menatap Ani)
Ani    : “Iya aku juga tidak enak dengan teman-teman jika telambat lagi”. (sedikit tergesa-gesa berjalan)
Berta : “Bailah jangan kecewakan teman-teman lagi, kali ini kita harus datang tepat waktu. Ayo kita segera ke rumah Margaret.

4.     Amanat yang terkandung dalam kutipan drama diatas adalah….
a.     Sayangilah teman-temanmu
b.     Jangan suka mengganggu orang lain
c.      Disiplin waktu sangatlah penting dan berguna
d.     Waktu adalah uang
e.      Jangan kecewakan orang lain

Bacalah cerita anak berikut ini dengan seksama untuk menjawap  pertanyaan nomor 5 dan 6.
Si Kancil dan Siput
          Pada suatu hari si kancil baru saja bangun tidur, matanya masih terasa berat sekali untuk bangun. Karena cuaca sangat cerah ia memutuskan untuk berjalan-jalan. Di sepanjang perjalanan ia beteriak-teriak dengan sombongnya “Wahai penduduk hutan aku lah hewan yang paling pintar dan cerdik”. Akirnya si Kancil bertemu dengan si siput, “kenapa kamu berteriak-teriak, apakah kamu sedang gembira?” Tanya si Siput. “tidak aku hanya memberitahukan bahwa aku hewan paling pintar dan cerdik”, jawab si Kancil dengan sombongnya. “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput. “kalau kau tidak percaya bagaimana kalau kita sekarang lomba lari?”, ledek si Kancil membuktikan. “Baiklah aku terima tantanganmu”, akirnya mereka berdua bersiap-siap untuk perlombaan lari. Si siput mengerah sekuat tenaga untuk sampai di garis finis sementara si Kancil berjalan dengan santainya sambil menertawakan si siput. Tanpa di sadari si Kancil ternyata si Siput telah mencapai garis finis. Bertapa terkejutnya si kancil. “aku menang Kancil”, teriak si siput. Dengan menunnduk si kancil menghampiri si siput dan menerima kekalahannya. “maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si Kancil.

5.     Tema yang diangkat dalam cerita anak diatas adalah….
a.     Kesombongan si Kancil dan kecerdikan si Siput
b.     Kita tidak boleh sombong
c.      Kecerdikan si Kancil yang menyesatkan
d.     Si siput yang tidak percaya pada kelebihan si Kancil
e.      Persahabatan dua hewan yang tinggal di hutan

6.     “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput. Maksud dari kalimat tersebut adalah….
a.     Si Siput sangat percaya dengan ucapan si Kancil
b.     Si Kancil anak yang baik dan tidak sombong
c.  Si Siput mengganggap bahwa si Kancil sangat sombong dan perkataannya tidak dapat di percaya
d.     Si Siput sombong sehingga dia tidak percaya pada si kancil
e.    Si Siput dan Si Kancil adalah hewan yang sombong dan tidak dapat di percaya

  C.  SOAL URAIAN (ESAY)
Bacalah wacana berikut dengan seksama!
Bendungan di Desa Ponorogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Sehingga tinggi permukaannya bisa diatur secara fleksibel. Bahkan bila terjadi banjir, bantalan karet itu bisa dikempiskan. Dan air bah dengan lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai mengecil, tubuh bendungan dapat diisi penuh hingga mencapai 4 m. air dari bendungan itu dapat dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat bersamaan, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat disekitar aliran sungai…. (dikutip dari Jawa Post)

1.     Jelaskan secara singkat kesimpulan dari isi wacana diatas !

Di sajikan puisi anak dibawah ini !
Kupu-kupu
Di tamanku ada seekor kupu-kupu yang cantik
Selalu terbang dengan lucu dan menawan
Aneka warna sayapmu
Indah dipandang selalu
Namun, orang suka usil padamu
Kau selalu diburu-buru dan dikejar-kejar
Sayapmu yang indah dicabuti
Badannmu yang mungil diteliti
Wahai kawanku
Jangan tangkap kupu-kupu
Lestarikan hewan itu
Untuk menambah keindahan kebunmu

2.     Apa amanat yang terkandung dalam puisi “Kupu-Kupu” diatas?
3.     Jelaskan makna kata Usil dalam puisi “Kupu-kupu” diatas?

Bacalah penggalan teks drama berikut dengan seksama!
Berta : “Ayo Ani kita berangkat sekarang! Jangan sampai kita terlambat lagi seperti minggu lalu”. (sambil menatap Ani)
Ani    : “Iya aku juga tidak enak dengan teman-teman jika telambat lagi”. (sedikit tergesa-gesa berjalan)
Berta : “Bailah jangan kecewakan teman-teman lagi, kali ini kita harus datang tepat waktu. Ayo kita segera ke rumah Margaret.

4.     Apa amanat yang terkandung dalam penggalan teks drama diatas?

Bacalah cerita anak berikut ini dengan seksama!.
Si Kancil dan Siput
          Pada suatu hari si kancil baru saja bangun tidur, matanya masih terasa berat sekali untuk bangun. Karena cuaca sangat cerah ia memutuskan untuk berjalan-jalan. Di sepanjang perjalanan ia beteriak-teriak dengan sombongnya “Wahai penduduk hutan aku lah hewan yang paling pintar dan cerdik”. Akirnya si Kancil bertemu dengan si siput, “kenapa kamu berteriak-teriak, apakah kamu sedang gembira?” Tanya si Siput. “tidak aku hanya memberitahukan bahwa aku hewan paling pintar dan cerdik”, jawab si Kancil dengan sombongnya. “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput. “kalau kau tidak percaya bagaimana kalau kita sekarang lomba lari?”, ledek si Kancil membuktikan. “Baiklah aku terima tantanganmu”, akirnya mereka berdua bersiap-siap untuk perlombaan lari. Si siput mengerahkan sekuat tenaga untuk sampai di garis finis sementara si Kancil berjalan dengan santainya sambil menertawakan si siput. Tanpa di sadari si Kancil ternyata si Siput telah mencapai garis finis. Bertapa terkejutnya si kancil. “aku menang Kancil”, teriak si siput. Dengan menunnduk si kancil menghampiri si siput dan menerima kekalahannya. “maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si Kancil.

5.     Jelaskan secara singkat tema  yang diangkat dalam cerita anak “si Kancil dan si Siput diatas!
6.  Jelaskan maksud dari kalimat “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput. Dalam cerita anak “si Kancil dan si Siput”!

  D.  KUNCI JAWABAN
a.     Soal pilihan ganda (objektif)
1.     C. Bendungan dari bantalan karet sangat bermanfaat
2.     B. Ajakan agar kita bisa melestarikan dan menjaga alam dan lingkungannya  supaya tetap indah
3.     D. Suka merusak dan menggangu
4.     E. Jangan kecewakan orang lain
5.     A. Kesombongan si Kancil dan kecerdikan si Siput
6.  C. Si Siput mengganggap bahwa si Kancil sangat sombong dan  perkataannya tidak dapat di percaya

b.     Soal uraian (esay)
1.     Simpulan dari isi wacana diatas yaitu bendungan yang terbuat dari bantalan karet yang sangat bermanfaat.
2.   Amanat yang terkadung dalam puisi “Kupu-Kupu” diatas adalah ajakan agar kita bisa melestarikan dan menjaga alam dan lingkungannya supaya tetap indah. 
3.    Makna kata Usil dalam puisi “Kupu-Kupu” diatas adalah seseorang yang memiliki sifat suka merusak dan mengganggu.
4.  Amanat yang terkandung dalam penggalan drama diatas yaitu kita tidak boleh mengecewakan orang lain dan kita harus bisa menepati janji yang telah kita buat. 
5.    Cerita anak “si Kancil dan si Siput” diatas mengangkat tema kesombongan si Kancil dan kecerdikan si Siput. Dimana si Kancil menyombongkan kelebihan yang dimilikinya kepada semua penghuni hutan dan akirnya kesombongan si Kancil dapat di patahkan berkat kecerdikan si Siput.
6.     Maksud dari kalimat “sombong sekali kamu, aku tidak percaya”, kata si Siput. Adalah dimana si Siput menganggap bahwa si Kancil sangat sombong dengan kelebihan yang dimilikinya dan semua perkataannya si Kancil itu tidak dapat dipercaya.

  E.   PENDEKATAN BAHASA YANG DIGUNAKAN
a.     Soal pilihan ganda (objektif)
1.     Soal nomor satu menggunakan pendekatan pragmatik
2.     Soal nomor dua menggunakan pendekatan pragmatik
3.     Soal nomor tiga menggunakan pendekatan diskret
4.     Soal nomor empat menggunakan pendekatan komunikatif
5.     Soal nomor lima menggunakan pendekatan komunikatif
6.     Soal nomor enam menggunakan pendekatan integratif
b.     Soal uraian (esay)
1.     Soal nomor satu menggunakan pendekatan pragmatik
2.     Soal nomor dua menggunakan pendekatan pragmatik
3.     Soal nomor tiga menggunakan pendekatan diskret
4.     Soal nomor empat menggunakan pendekatan komunikatif
5.     Soal nomor lima menggunakan pendekatan komunikatif
6.     Soal nomor enam menggunakan pendekatan integratif

Comments (0)